Popular Post

Jumat, 24 Agustus 2012

Assalamualaikum wr wb


Haloo teman-teman, udah lama juga nih Mail gaketemu kalian di dunia yang maya ini.
Sorry dory strawberry nih, Mail abis mudik . Emang kalian aja yang bisa mudik ketemu keluarga? Mail juga pulang kampung dong bro dan sis sekalian :D

Oiya,sebelumnya Mail mau minta maaf dulu nih, kalo kalo ada salah kata
Dan..
Taqabbalallahuminnawaminkum,Shiyamanawashiyamakum. Minal ‘aidinwalfaizin
Semoga Allah menerima aku dan kalian, puasaku dan puasa kalian. Semoga kita termasuk golongan yang kembali (maksudnya kembali pada fitrah) dan semoga kita termasuk golongan yang meraih kemenangan

Aamiin

Yowes langsung aja ya, kali ini Mail bakal sedikit share tentang kegiatan kampus apa ajanih yang bisa kalian ikutin selama ada di UNPAD. Sebenernya banyak banget yang bisa kalian dapet, jadi mungkin untuk kesempatan kali ini mail bakal ngebahas sesuatu yang lebih spesifik deh, nanti kalo sempet bisa mail lanjutin lagi deh InsyaAllah :)

Biasanya selain akademik, pasti penasaran juga sama apa ajasih yang kita lakuin di FK UNPAD ini?
Jawabannya bisa beragam, dari mulai karokean di bale, lari keliling Unpad, ikutin UKM, daaaan yang ga kalah kerennya mentoring

Nah ,banyak bangetloh UKM yang difasilitasi di kampus kita ini. Dari mulai UKM yang paling kita butuhin yaitu rohani, sampai UKM yang bikin kita seger buger alias olahraga.Untuk lebih jelasnya kalian bakal lebih tau saat OPPEK berlangsung, jadi stay calm yak. Jangan tergesa-gesa, karna tergesa-gesa itu perbuatannya setan loh.Begitu kata nabi kita.

Mungkin buat episode kali ini mail bakal share tentang yang namanya mentoring.
Ada yang tau apaitu mentoring?
Nah sekarang Mail mau coba ngasih gambaran secara general tentang mentoring ini nih.
Menurut kamus Mail (bukan Dorland ya ,di sana kagak lengkap jd ga ada :p)
Mentoring adalah suatu sarana yang pas buat anak muda kayak kite-kite ini, bisa dibilang kayak suatu wadah kecil (sekelompok orang), yang berisi orang-orang yang ingin belajar, memperbaiki diri, mejadi lebih baik, serta menemukan arti dari persaudaraan yang sesungguhnya (it means more than friendship). 

Bahkan banyak orang-orang keren lahir lewat mentoring loh, mau dikasih contoh? Salah duanya itu

Mereka pemimpin-pemimpin yang jugadibinalewat mentoring. Karena selain mendapat ilmu agama, disana kita juga dibina untuk menjadi sosok ideal.


“Sumpeh lo sampe segitunya ?” Pasti ada yang berfikir kayak gini. Woles boy. Mail ga boong dah..

Berbicara tentang rasa, semua pasti bisa berbeda, sama halnya dengan “lingkaran ini” . Beberapa orang yang ikut mentoring terbiasa menyebutnya 'lingkaran'. Mail juga tau asal mulanya, ada yang bilang 'lingkaran yang dirindukan' lah, ada yang bilang 'lingkaran persaudaraan' lah, dll. Itu sih terserah orangnya aja. Karena sebenarnya perasaan dan kenyamanan kita di mentoring bisa kita bentuk. 

Jadi bentuklah kondisi mentoring sepeti yang kalian mau :’).

Nah, penasaran sama faktanya sendiri tentang mentoring?

Kalian bisa ikut gabung sama 'lingkaran' ini kok . Karena nanti ada program wajib buat MABA 2012 untuk ikut mentoring di FK UNPAD, dan untuk itu Mail ada disini. 

Untuk lebih detail nya kamu bakal tau sendiri dan mungkin ketemu Mail di bulan September nanti B)

Here,what they said about mentoring:

“ Yaa mentoring itu bisa jadi sebuah bekal kita selama di FK ataupun dimanapun. Semacam persediaan jiwa sebelum kita melakukan segala aktivitas. Dan bisa belajar banyak dari orang lain juga.”   
(Reza Anestyo,ketuaangkatan 2011)

“Sebagai seorang calon dokter, mahasiswa kedokteran patutnya memiliki pengetahuan agama yang baik dan pencerdasan spiritual. Kenapa? Karena dokter erat pekerjaannya dengan bantuan Allah SWT. Sesungguhnya sakit, hidup, dan mati datangnya dari Allah. Mahasiswa kedokteran spiritualnya harus cerdas sehingga emosionalnya juga cerdas. Hal ini akan bermanfaat jika nanti berinteraksi dengan pasien. Seorang dokter harus memberikan empati kepada pasien.Pencerdasan spiritual juga akan bermanfaat untuk menjaga kemuliaan hati seorang mahasiswa kedokteran. Dimana sebagai mahasiswa, banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu semua.
Selainitu, mentoring jugadapatmengatasi stress yang biasa muncul saat tahun pertama. Dimana beban akademik ditimpakan secara tiba-tiba. Jiwa yang stress akan mudah ditreatment jika tempat kembalinya adalah Allah. Mentoring sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah swt, yang Insya Allah mendukung proses pembelajaran di FK Unpad.”  
(Indah Pratiwi,2011)

“Mentoring itu asik banget, ga cuma belajar agama kok. Belajar banyak hal lain. Mulai dari tips-tips akademik, cara-cara mendaki gunung , dan banyak lagi. Seru banget deh, dan kita jadi makin deket satu sama lainnya, kayak saudara sendiri.   
(M.Rizky Nurkarim,2011)


“Mentoring itu sebagai penyeimbang dari pemenuhan kebutuhan rohani. Mentoring dianggap sebagai suatu kebutuhan yang tidak terbantahkan, karena hal ini merupakan suatu media untuk mencharge hati serta membentuk karakteristik dokter sejati yang tidak hanya cerdas fisik tetapi juga memberikan currative kepada pasiennya “ 
(Iin Inayah,2011)

"Kalau misalkan ditanya, berapa jumlah muslim FK Unpad? Jawabannya mungkin banyak, sekitar 1000 orang lebih. 
Terus kalau misalkan ditanya, berapa jumlah muslim FK Unpad yang bisa baca Al-Quran? Mungkin jawabannya ya 800an. 
Yang tahsin? Mungkin 300 orang. Muslim FK Unpad yang rajin shalat? 700 orang. 
Yang berjamaah? Mungkin 250 orang. 
Ini mungkin sebuah gambaran, muslim FK Unpad. Harapannya dengan mentoring jumlah tersebut bisa dikikis, terjadi kenaikan standar muslim FK Unpad.” 
(EnggarAdi N,2010, kadiv medis KAMI AsySyifaa’ 2012)

"Peran mentoring di lingkungan yang sangat jauh dari keluarga seperti di lingkungan perkuliahan itu penting.Sebagai mahasiswa muslim yang ingin mencari ridha Allah, kita perlu dibimbing untuk “keep on the track”. 
(Dyah Ismiranty,2011)

“Kita mengetahui bahwa mahasiswa kedokteran itu sangatlah sibuk.Pelajarannya yang sangat menyita waktu ditambah lagi dengan kegiatan organisasinya membuat mahasiswa menjadi lelah pikiran dan waktunya.Oleh karena itu, mentoring ini tidak hanya menjadi ajang diskusi semata, tetapi juga menjadi tempat menyegarkan pikiran, hati, dan rohani, sehingga hidup tetap terasa bermanfaat.” 
(Debbi Yuniserani,2011)

“Menguatkan iman, memperbaiki niat, meluruskan tujuan, memperkokoh tekad,dan mempererat persaudaraan. Weekly in mentoring” 
(Mukhsin Kurnia Hakim,2011)

“Pelaksanaan mentoring merupakan sarana yang sangat efektif untuk seluruh mahasiswa FK Unpad untuk mendalami indahnya Islam. Metode mentoring sudah sering digunakan dalam proses-proses pembelajaran. Dimana dengan melingkar, membentuk kelompok-kelompok kecil untuk belajar berbagai ilmu. Dengan membentuk kelompok-kelompok kecil akan tercipta interaksi hubungan lebih efektif dan intensif sehingga informasi lebih mudah tersampaikan. Metode mentoring juga dapat menjangkau orang lebih baik lagi dan bisa berinteraksi lebih akrab .Begitu juga dengan mentoring agama Islam ini, cara yang efektif untuk belajar Islam dan hal lainnya.”
(Muhammad Ilman,2011, kadivkaderisasi KAMI AsySyifaa’ 2012)

Mungkin itu hanya sekilas yang bisa mail kasih liat ke kalian karena saking bejibunnya tanggapan mereka tentang mentoring. Penasaran? Tunggu tanggal mainnya yaa.. :)

Wassalamualaikum wr wb


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2016 KAMI ASY-SYIFAA' FK UNPAD - Powered by Blogger